Pasang Behel Gigi / Kawat Gigi di Dokter Gigi Palembang

Behel Gigi Palembang – Halo semua! Tahukah kamu bahwa pasang behel gigi atau kawat gigi adalah salah satu cara yang populer untuk memperbaiki susunan gigi yang tidak rata? Jika kamu tinggal di Palembang dan ingin memperbaiki gigi yang tidak rapi, kamu bisa mengunjungi dokter gigi di Palembang untuk memasang behel gigi atau kawat gigi. Dalam artikel ini, kita akan membahas manfaat, resiko, jenis behel, dan harga behel gigi di Palembang.

Behel Gigi Palembag

Manfaat Behel Gigi / Kawat Gigi

Behel gigi atau kawat gigi adalah alat yang terbuat dari logam atau bahan plastik yang dipasang di gigi untuk memperbaiki susunan gigi yang tidak rata. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memasang behel gigi di dokter gigi Palembang. Salah satunya adalah meningkatkan penampilan gigi dan senyum kamu. Jika gigi kamu tidak rapi, behel gigi bisa membantu menyusunnya menjadi lebih rapi dan indah. Selain itu, behel gigi juga bisa membantu meningkatkan fungsi gigi kamu. Jika gigi kamu tidak rapat, kamu mungkin akan kesulitan mengunyah makanan dengan baik. Behel gigi bisa membantu memperbaiki masalah ini dan membuat kamu lebih nyaman saat makan.

Resiko Behel Gigi / Kawat Gigi

Dalam pemasangan behel / kawat gigi, ada juga beberapa resiko yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memasang behel gigi di dokter gigi Palembang. Salah satunya adalah ketidaknyamanan dan rasa sakit yang mungkin kamu alami setelah pemasangan behel gigi. Pada awalnya, gigi kamu mungkin akan terasa sensitif dan sakit karena tekanan yang diberikan oleh behel gigi. Namun, biasanya rasa sakit ini akan hilang setelah beberapa hari. Selain itu, ada juga risiko gigi menjadi lebih rentan terhadap kerusakan. Jika kamu tidak menjaga kebersihan gigi dengan baik saat memakai behel gigi, gigi kamu bisa terkena kerusakan seperti gigi berlubang atau gigi sensitif.

Bagaimana Behel Gigi Bekerja?

Perawatan behel gigi bekerja dengan mengubah posisi gigi dan rahang Anda secara bertahap. Ini dilakukan dengan menggunakan berbagai komponen, termasuk kawat, bracket, dan kadang-kadang perangkat tambahan lainnya. Berikut adalah cara umum bagaimana perawatan behel gigi berlangsung:

  1. Pemeriksaan Awal: Perawatan dimulai dengan pemeriksaan grond-up oleh dokter gigi atau ortodontis yang berpengalaman. Pada tahap ini, dokter akan menilai struktur gigi dan rahang Anda, serta merencanakan perawatan yang sesuai.
  2. Pemasangan Bracket: Komponen utama dalam perawatan behel adalah bracket kecil yang ditempatkan pada setiap gigi. Braket ini biasanya terbuat dari logam atau bahan transparan. Mereka akan berfungsi sebagai pegangan untuk kawat.
  3. Pemasangan Kawat: Kawat tipis akan dihubungkan ke setiap braket, menciptakan sistem yang mengarahkan pergerakan gigi Anda. Kawat ini akan diperbarui dan disesuaikan secara berkala selama perawatan.
  4. Penyesuaian Rutin: Perawatan behel gigi melibatkan penyesuaian rutin oleh dokter gigi atau ortodontis Anda. Selama kunjungan rutin ini, kawat dan braket bisa diperbaiki, dan perubahan perlu dilakukan sesuai dengan perkembangan perawatan.
  5. Pemakaian Retainer: Setelah gigi mencapai posisi yang diinginkan, dokter gigi akan merencanakan penggunaan retainer untuk menjaga agar gigi tetap pada posisinya yang baru.

Jenis-jenis Behel Gigi / Kawat Gigi

1. Behel Gigi Metal Konvensional

Behel gigi metal konvensional adalah jenis behel yang paling umum dan mungkin yang paling dikenal. Mereka terbuat dari kawat logam yang kuat dan ditempatkan di sepanjang gigi dengan menggunakan bracket yang juga terbuat dari logam. Keuntungan dari behel metal termasuk kekuatan dan ketahanan yang luar biasa. Mereka efektif dalam merapikan gigi yang sangat tidak teratur dan biasanya lebih terjangkau dari jenis behel lainnya. Meskipun terlihat mencolok, banyak orang memilihnya karena efektivitasnya yang terbukti.

2. Behel Gigi Keramik

Behel gigi keramik terbuat dari bahan yang mirip dengan warna gigi alami, sehingga jauh lebih tidak terlihat daripada behel metal. Mereka menyediakan kombinasi estetika yang baik dengan kekuatan yang cukup. Behel keramik sangat cocok untuk mereka yang ingin perawatan yang lebih tidak mencolok. Namun, penting untuk diingat bahwa mereka cenderung lebih rapuh dan rentan terhadap patah dibandingkan dengan behel logam.

3. Behel Gigi Self-ligating

Behel gigi self-ligating adalah jenis behel yang menghilangkan kebutuhan akan penggunaan karet atau kawat pengikat. Mereka memiliki bracket yang dirancang untuk mengontrol gerakan gigi dengan lebih bebas dan kurang gesekan. Keuntungan utama adalah perawatan yang lebih nyaman dan perawatan yang lebih efisien. Mereka juga memungkinkan sedikit lebih sedikit kunjungan dokter gigi karena penyesuaian yang lebih jarang.

4. Aligner (Behel Transparan)

Aligner, juga dikenal sebagai behel transparan, adalah perangkat plastik yang transparan dan dapat dilepas yang digunakan untuk merapikan gigi. Mereka adalah pilihan yang sangat estetis karena hampir tidak terlihat saat digunakan. Aligner lebih nyaman karena tidak ada kawat atau bracket yang menonjol, dan mereka dapat dilepas saat makan atau menyikat gigi. Namun, mereka biasanya cocok untuk kasus yang tidak terlalu kompleks dan memerlukan disiplin penggunaan yang tinggi.

Memilih jenis behel gigi yang tepat adalah keputusan yang penting dalam perjalanan perawatan ortodontik Anda. Pilihannya tergantung pada preferensi estetika, kebutuhan perawatan Anda, dan rekomendasi dari dokter gigi atau ortodontis Anda. Apapun jenis behel yang Anda pilih, ingatlah bahwa ini adalah investasi dalam senyuman yang lebih baik dan kesehatan gigi yang optimal. Dengan perawatan yang tepat, Anda akan meraih hasil yang memuaskan dan senyuman yang selalu Anda impikan. Jadi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan profesional gigi Anda untuk memulai perjalanan menuju senyuman yang lebih baik!

 

Harga Behel Gigi / Kawat Gigi di Dokter Gigi Palembang

Tentu saja, harga behel gigi di dokter gigi Palembang juga perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk memasangnya. Harga behel gigi bisa bervariasi tergantung pada jenis behel gigi yang kamu pilih dan kompleksitas masalah gigi kamu. Behel gigi konvensional biasanya lebih terjangkau dibandingkan dengan behel gigi transparan atau keramik. Namun, jangan hanya mempertimbangkan harga saat memilih behel gigi. Pastikan kamu juga memilih dokter gigi yang berpengalaman dan berkualitas untuk memasang behel gigi kamu.

  • Behel Gigi Konvensional Metal: Rp. 6.000.000 – Rp. 8.000.000
  • Behel Gigi Konvensioal Ceramic/Clear: Rp. 8.000.000 – Rp. 12.000.000
  • Behel Gigi Self Ligating: Rp. 8.000.000 – Rp. 15.000.000
  • Behel Gigi Aligner: Rp. 12.000.000 – Rp. 16.000.000

Baca Juga: Harga Pasang Behel Gigi di Palembang

Jadi, jika kamu ingin memperbaiki gigi yang tidak rapi, memasang behel gigi atau kawat gigi di dokter gigi Palembang bisa menjadi solusi yang tepat. Dengan memasang behel gigi, kamu bisa mendapatkan gigi yang lebih rapi dan indah, serta meningkatkan fungsi gigi kamu. Namun, perlu diingat bahwa ada beberapa resiko yang perlu kamu pertimbangkan, seperti ketidaknyamanan dan risiko kerusakan gigi. Pilihlah jenis behel gigi yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan pertimbangkan juga harga behel gigi. Jangan lupa untuk memilih dokter gigi yang berkualitas untuk memasang behel gigi kamu.

 

Klinik Mitra Palembang

Klinik Mitra Palembang

Alamat: Jalan Dr. M. Isa No. 142, Palembang (Sebelah Samsung  / Depan Rumah Haji Halim)
Maps: Klik Di Sini
Jadwal: Senin – Sabtu (Kecuali Hari Libur)
(Pagi: 10:00-12:00)
(Siang: 14:00-17:00)
(Malam: 19:00-21:00)

WhatsApp (WA): 0812 1917 9191 (admin)